| 1. | Peninggalan zaman Klasik (Hindu - Indonesia) yang masih ada sampai sekarang adalah bangunan ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 2. | Karya seni rupa yang berwujud dua atau tiga dimensi yang memiliki fungsi tertentu dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat di wilayah Nusantara |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 3. | Proses pembuatan gambar pada kain dapat dilakukan dengan teknik tulis, teknik cap, dan teknik lukis |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 4. | Batik Solo, Yogyakarta, dan sekitarnya umumnya menggunakan warna-warna redup seperti ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 5. | Pada zaman ini Peninggalannya berupa benda-benda yang terbuat dari batu dan tulang yang dikerjakan secara kasar, misalnya kapak genggam. |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 6. | Pada zaman ini mulai digunakan logam sebagai karya terapan. Teknik pengolahan barang-barang perunggu dilakukan dengan pengecoran. Benda-benda peninggalannya antara lain kapak corong, candrasa, nekara, moko, emas, dan bejana |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 7. | Karya seni rupa merupakan sesuatu yang dapat memuaskan perasaan seseorang karena kehalusan dan keindahan yang diwujudkan dalam ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 8. | Suatu sikap ataupun kegiatan untuk menilai dan menghargai karya seni rupa ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 9. | Ada dua jenis tenun, yaitu tenun yaitu ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 10. | Bahan untuk mem- buat anyaman kebanyakan dari ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 11. | Daerah di Indonesia penghasil songket yang terkenal, antara lain ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 12. | Senjata tradisional Bilah mandau yang berkualitas terbuat dari batu gunung yang dilebur secara khusus dengan hiasan berasal dari bahan perak, tembaga, bahkan emas berasal dari daerah ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 13. | Pada zaman ini Peninggalannya berupa benda-benda dalam ukuran besar yang berfungsi sebagai perlengkapan ritual, antara lain dolmen, menhir, kubur batu, sarkofagus, punden berunduk, dan relief batu |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 14. | Bahan dasar pembuatan keramik adalah ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 15. | Masa Klasik adalah masa peralihan antara Pra sejarah dan sejarah terjadi karena adanya hubungan Indonesia-India sehingga lahirlah seni ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 16. | Teknik pembentukan anyaman adalah dengan memanfaatkan jalur lungsi, jalur pakan dan jalur gulungan, Jalur lungsi adalah ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 17. | Keramik diproduksi untuk benda-benda hias atau benda pakai dengan keragaman variasi bentuk, misalnya guci, pot bunga, vas bunga, dan sebagainya. Daerah-daerah penghasil keramik tersebar luas di Nusantara, antara lain ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 18. | Daerah batik bercorak pesisir adalah Madura, Tuban, dan Cirebon. Batik daerah ini didominasi perpaduan warna yang kontras, seperti ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 19. | Membuat karya seni dengan cara membuat mal (cetakan) terlebih dahulu ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
| 20. | Semua jenis senjata tradisional menggunakan ragam hiasan dengan beragam motif. Ragam hias senjata jenis rencong seringkali menggunakan motif ular, bunga, dan lipan. Hiasan berupa jumbai-jumbai menyerupai rambut terdapat pada sebagian senjata ... |
| 1. |
| 2. |
| 3. |
| 4. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar